Oh…h Krisis yang berkepanjangan

Dari tahun 2012.. sampai pertengahan tahun 2015, masih saja lesu proyek di indonesia.

Beberapa perusahaan mencoba untuk bertahan dengan cara mengurangi pengeluaran baik melalui non working day atau cara lain.
Dimana sekarang ini juga baik perusahaan maupun karyawan akan lebih banyak pengeluaran karena menjelang idul fitri. Seperti biasa, tradisi di Indonesia yang namanya mudik itu sepertinya tidak bisa dihindari, walaupun kadang kalau dipikir akan mengeluarkan biaya yang besar dan tenaga yang buanyak karena bermacet ria, tapi rupanya semuanya itu akan sirna jika sudah sampai di tempat tujuan dan bisa bertemu dengan keluarga.

Dan umumnya setelah kembali dari kunjungan (arus balik) semuanya akan habis-habisan baik materi, kemudian akan mulai lagi melakukan akitifitas rutin seperti biasa dilakukan.

Memang saat ini perusahaan kami kebanyakan bergerak di bidang pertambangan dan perkebunan, dan melihat masih betahnya bersandar di bawah harga minyak mentah dan batu bara sehingga banyak pertambangan yang enggan untuk menaikkan kapasitas, bahkan hanya melakukan pekerjaan untuk menutupin biaya operasi, karena “mungkin” kalaupun tidak dikerjakan akan tetap ada biaya.
Demikian juga yang dialami oleh perusahaan pada umumnya, bagaimana supaya bisa bertahan dengan menjaga agar pengeluaran tidak melibihi dari pemasukan, karena kalau begitu tidak akan lama bertahan, sementara kondisi ini dilihat dari mata “pengamat ekonomi”  2 tahun lagi bisa membaik, itupun paling mendekati kondisi tahun 2012.
Disisi lain banyak pengusaha sebelumnya yang menaikkan kapasitas produksi, karena sebelumnya volume yang drastik naik dengna waktu yang singkat.
Eh..h jadi neglantur kemana-mana.
Kita hanya berdoa, agar perekonomian Indonesia khususnya lebih baik dan dunia pada umumnya.

Advertisements

One thought on “Oh…h Krisis yang berkepanjangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s