MUDIK Minal aidin walfaizin 1436

Setelah beberapa tahun ini tidak mudik lebaran, maka tahun ini direncanakan mudik sekalian untuk menikmati tol baru yaitu tol cipali. Sebelum berangkat, untuk menghindari hal yang tidak di inginkan, maka perlu persiapan terutama untuk kenderaan agar bisa aman sampai ditujuan. Mana pas lagi odometer 80K maka untuk oli mesin, tranmision, gardan harus diganti, ternyata baru tau kalau matic transmision itu harusya setiap 20K harus diganti olinya, agar bisa lebih nyaman dan tenang mau ngga mau, harus deh di kuras agar kotoran bisa dikeluarkan terutama yang disebut dengan lumpur oli.
Ternyata kalau kuras itu tidak sedikit oli yang dibutuhkan minimal 3x kapasitas oli yang dipakai.
Saat ini 10 liter harus dikorbankan, agar bisa kelihatan rada beningwarna oli di transmision.
ada 2 type oli matic transimision yang ditawarkan yaitu product mobil dan Castrol.
Mobil dengan banroll Rp 99K dan  Castrol Rp 110K, yah karena pakai castrol jadi ngorek kocek deh Rp 1.3Jt termasuk jasa. Hari sebelumnya sudah diganti oli mesin dan gardan.
Tinggal nanti kalau sudah balik, untuk tune up engine dan ganti minyak rem serta air radiator. Termasuk juga untuk navigasi di update juga agar bisa lebih mudah memonitor perjalanan. Dengan HU 2 din product Oris serta GPS dengan KNAV.

Setelah semua ramuan  racikan dipersiapkan, barulah mulai melangkah/mudik pada hari raya idul fitri setelah selesai sholat Idul Fitri. Karena dengan waktu seperti itu harapannya tidak ikut-ikutan lagi bermacet ria (sudah kapok waktu pernah sampai 8 jam). Apa mungkin perasaan, sepertinya mobil lebih ringan dan lincah sehabis pergantian oli.
Puji Tuhan, semua dalam perjalanan berangkat dengan lancar, hanya sedikit antri pas entry gate Cikopo kira-kira 500 meter antrian dan selanjutnya tidak ada halangan. Mungkin karena banyaknya pengemudi yang  mendengar berita sebelumnya banyak kecelakaan jadi sindrom, sehingga hanya bisa max speed 100km/jam.
Mau ngga mau dengan setia kita mengikuti likukan jalan dari berangkat pukul 9.30 dari jakarta sampai di Cirebon 12.30. Total waktu tempuh 3 jam,lega rasanya mudik kali ini dengan perjalanan yang lancar.

Selasa minggu depannya kami kembali ke Jakarta pada saat min satu sebelum PNS masuk kerja.
Bisa dibayangkan kalau kondisi ini akan macet, walaupun masih ada waktu untuk menunda untuk balik, tapi ada keluarga yang harus dilakukan kemudian.
Mulai masuk Tol cipali sudah terhambat karena jumlah kenderaan yang masuk lebih buanyak daripada kapasitas pintu tol, ditambah dengan setelah pintu masuk tol jalan kurang bersahabat jalan berliku tajam, sehingga tidak bisa memacu kenderaan dengan cepat.
Begitu juga saat mau keluar tol cipali antrian sudah memanjang sampai 10km, dengan sabar kita harus menunggu, dan setelah keluar dari tol cipali rupanya masih belum bisa bebas memacu kenderaan karena sebelum pertemuan tol padalarang sudah merayap.
Mobil harus minum lagi, dan tidak ada tempat peristirahatan yang bisa di masukin karena penuh dan di tutup jalan masuknya, sehingga dengan was-was kita berjalan dan Tempat Pristirahtan Karwang kita memaksa masuk TI, karena sudah tiris…..
Dengan waktu tempuh 6 jam kami bisa sampai di Jakarta, dimana berangkatnya cuman 3 jam..
Puji Syukur bisa berjalan baik berangkat dan kembali..

Entry Tol Cikopo

Exit Tol Palimanan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s