Terima kasih Tuhan kesempatan bekerja di ladangMu

Sudah menjadi kewajiban kita manusia yang telah diselamatkan dan dilayani sehingga giliran kita untuk melayani.

peneguhan mj2021 (1)
Majelis Wilayah 1 serta keluarga

Melalui pemilihan Majelis dengan 2 kali putaran, maka saya bisa ikut serta di dalam palyanan di ladang Tuhan peridoe 2017 – 2021.

Majelis terpilih
Saya hanya bisa berharap agar apa yang bisa saya lakukan adalah tugas dan tanggung jawab yang telah diberikan dan bisa berkenan dan menyenangkan si pemberi pekerjaan.
Seperti pujian yang lantunkan pada saat peneguhan hari ini yanitu “MenyenangkanMU” dan ini juga sebagai tema pujian GKP tahun 2017/2018.
Adapun Petunjuk pelaksaaan Tata Gereja (PPTG) Gereje Kristen Pasundan (GKP)

peneguhan mj2021 (10)pasal 56 (Tugas dan tanggung Majelis Jemaat)
1. Meminpin, membina, dan menggembalakan Anggota Jemaat.
2. Memimpin, mengatur, dan mengkoordinasikan kegiatan kehidupan jemaat.
3. mengelola dan mendayagunakan keuangan dan harta milik gereja dalam melaksanakan panggilan Gereja.

peneguhan mj2021 (2)

dan pasal 57 (Wewenang Majelis Jemaat).

peneguhan mj2021 (3)

Adapun Majelis Jemaat (MJ) terpilih masing2 wilayah dan pos adalah sebagai berikut :
Wilayah 1 : 3 orang
Wilayah 2 : 3 orang
Wilayah 3 : 3 Orang
Wilayah 5 : 4 orang
Wilayah 5: 4 Orang
Wilayah 6 : 3 Orang
Wilayah 7 : 3 orang
Wilayah 8 : 4 Orang
Wilayah 9 : 4 Orang
Wilayah 10 : 5 Orang
Wilayah 11 : 4 Orang
Wialayh 12 : 4 Orang
Pos Tambun : 4 Orang dan
Pos Cigelam : 3 Orang
Dengan Total berjumlah 52 Orang ditambah 2 orang Gembala.

Serta Pengawas Perbendaharaan Jemaat (PPJ) 7 orang.

Berikut Tata cara dalam lepas sambut Majelis Jemaat (MJ) dan Pengawas Perbedaharaan Jemaat (PPJ) 2013-2017 dan 2017-2021.

a. Pengantar :
PF : Jemaat Tuhan, Jemaat melaksanakan pemilihan Majelis Jemaat peiode 2017-2021, sesuai dengan Tata Gereja GKP BAB VI, Pasal 14 (Pemimpin Jemaat dan Pemimpin Sinode) ayat 1 dan 2 dan PPT GKP BAB VI Pasal 51 (Ketentuan tentang Majelis Jemaat) ayat 1-5;
serta pemilihan pengawas perbendaharaan jemaat periode 2017-2021, sesuai dengan Tata Gereja BAB XIII Pasal 25 (Fungsi dan lingkup tugas pengawasan perbendaharaan) ayat 1 dan 2 Peraturan Pelaksanaan Tata Gereja GKP BAB XIII Pasal 94 (Ketentuan tentang pengawasan perbendaharaan Jemaat) ayat 1-6.

Saudara-saudara majelis Jemaat dan Pengawas perbendaharaan Jemaat (periode 2013-2017), telah melakanakan panggilan Tuhan dengan tekun, sabar, setia dan dengan sepenuh tenaga, waktu dan pikiran yang dilakukan dengan penuh pengabdian. jemaat telah merasakan buah2 pelayanan saudara tersebut dan semua itu telah membangun kehidupan jemaat sebagai tubuh Kristus yang melayani, bersekutu dan bersaksi dalam rangka pembinaan dan pengembangkan Jemaat yang memuliakan Tuhan.

Kini kami mempersilahkan saudara2 mengambil tempat di tengah2 jemaat.

Jemaat Tuhan, calon Majelis Jemaat dan Jemaat Tuhan, marilah kita mendengarkan dan menghayati Firman Tuhan tentang panggilan dan ketentuan sebagai Majelis Jemaat.
Sejak semula Gereja Tuhan mengenal adanya jabatan : penatua, penilik jemaat, diaken dan syamas disampaing gembala jemaat, yang bersama2 melayani Gereja Tuhan.
Dalam Gereja Kristen Pasundan semua jabatan pelayanan tersebut termasuk pendeta sebagai gembala jemaat ditetapkan sebagai Majelis Jemaat yang memimpin jemaat ke dalam dan kelua serta bertanggung jawab atas kepemimpinan, pembinaan, pelayana dan penggembalaan Jemaat.
Dalam melaksanakn panggilan, bersekutu, melayani dan bersaksi GKP menyadari perlunya pelayanan kepemimpinan yang tertib, teratur dan bertanggung jawab, maka dalam rangka pemeriksaan dan penataan pengelolaan perbendaharaan telah menetapkan pengawas perbendaharaan jemaat sebagai mitra pelayanan majelis Jemaat.
Selanjtunya perhatikan dan dengarkanlah nasihat Firman Tuhan berikut ini:
“Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu jangan dengan paksa tetapi dengan sukarela sesuai denga kehendak Allah. Dan jangan karena mau mencari keuntungn, tetapi dengan pengabdian diri. Jangalah kamu berbuat se-olah2 kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu”(1Petrus 5:2-3).

b. Pernyataan kepada yang akan diteguhkan.
Saudara2 calon anggota Majelis Jemaat periode 2017-2021.
Agar jemaat menjadi saksi bahwa saudara2 sebagai calon majelis jemaat berniat dan bersedia dengan sungguh2 untuk menerima jabatan dan melaksanakan tudan dan tanggungjawab majelis jemaat sesuai dengan Tata Gereja dan PPT GKP, maka dihadapan Allah dan jemaatNya saya memepersilahkan saudara2 menjawab pertanyaan2 berikut ini.
1. Percayakah saudadara bahwa Allah sendiri yang telah memanggil saudara melalui jemaatNya dan Dia akan menolong dan melengkapi saudara untuk jabatan pelayanan yang kudus ini?
2. Apakah saudara mengaku bahwa Alkitab adalah sumber pengajaran dan sumber peraturan kehidupan persekutuan yang akan saudara layani, sehingga saudara akan menola akan segala pengajaran yang bertentangan dengan isi Alkitab?
3. Apakah saudara berjanji akan memimpin, membina dan menggembalakan Jemaat yang Tuhan percayakan kepada saudara disini serta melaksanakan tugas, tanggunjawab dan wewenang sebagai Majelia jemaat seauai dengan Tata Gereja dan PPTG GPK dan melaksanakannya dengan tekun, sabar, setia dan penuh pengabdian?
….Maka masing2 anggota Majelis Jemaat akan menjawab : “saya percaya, mengaku dan berjanji”…

Hal yang sama dilakukan untuk Pengawas perbendaharaan Jemaat.

peneguhan mj2021 (2)

Kemudian Pendeta meneguhkan Majelis Jemaat dengan (sebelumnya Majelis Jemaat berlutut).

peneguhan mj2021 (4)
“Maka Allah Bapa yang telah memanggil saudara2 untuk pekerjaan yang kudus ini, kiranya mengaruniakan Roh KudusNya agar saudara2 dikuatkan sehinga dapat bertekun, sabar, setia dan penuh pengabdian dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab sudara2, demi kemuliaan Tuhan Yesus Kristus. Amin!”

Sambil menaikkan pujian Mazmur 134:3
Kiranya khalik dunia, Allahmu beranugerah
Bri dari Sion yang teguh, berkatNya pda jalanmu.
….

peneguhan mj2021 (5)

peneguhan mj2021 (6)

peneguhan mj2021 (8)

Pendeta mengangkat yang diteguhkan seorang demi seorang kemudian :
“Saudara2, Tuhan gembala GerejaNya menyambut kesediaan saudara2 sebagai Majelis Jemaat dan kepada saudara2 akan diberikan perangkat pelayanan, yaitu stola, Alkitab dan Tata Gereja dan PPTG GKP, untuk saudara2 Pengawas Perbendaharaan Jemaat perangkat pelayanan yaitu : Alkitab, Tata Gereja dan Pedoman Perbendaharaan GKP.
Pakaiah semua itu dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab saudara2”.

Majelis Jemaat menghadap jemaat kemudian Pendeta menyampaikan:
“Saudara2 majelis Jemaat terpilih inilah Jemaat Tuhan yang dipercayakan kepada saudara2, peliharalah dan gembalakanlah domba2 Tuhan ini!”

Kemudian Mejelis Jemaat mengambil tempat duduk kemajelisan, setelah sebelumnya menerima perangkat pelayanan.

“Saudara2 Jemaat Tuhan, sambutlah saudara2 yang telah diteguhkan dalam sebagai Majelis Jemaat dan Pengawas Perbendaharaan Jemaat, Hormatilah dan dengarkanlah perkataan2nya dalam nama Tuhan, yang akan menghibur, menguatkan memperlengkapi saudara2 sesuai degan tugas dan tanggungjawab pelayanannya!”

Kemudian pendeta menaikan doa khusus untuk Majelis baru.

Demikianlah rangkaian acara lepas sambut manjelis di GKP Bekasi.
Biarlah Tuhan yang bekerja sehingga pekerja-pekerjanya bisa berkeja dengan baik seturut dengan kehendakNya.

Terima kasih telah membaca coretanku ini, dan tidak lupa dukuangan dan doanya dalam pelayanan ku ini agar berjalan dengan baik.

a6511-reatreat2bwil2b12bgkp2bbks2boct2b132b124

senam-4IMG_20160731_113528 (Mobile)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s