Oh Corona tidak ketahuan tapi sangat mumpuni

 

coronaPada awal tersiarnya ada virus corona (covid-19) di Wuhan china bulan dec tahun 2019  saya pikir bahwa itu hanya terjadi disana dan tidak akan kemana-mana, karena menurut info yang beredar bahwa virus ini tidak akan bertahan di tempat tropis seperti indonesia, sehingga satu pun tidak ada yang memikirkan akan mampir ke Indonesia, dan hanya prihatin dan turut mendoakan musibah yang dihadapi oleh warga china segera berlalu.

corona dead
Inilah daftar ulah si corona

Ternyata si corona ini begitu sadis hal tidak terduga bisa gerjadi bahkan sampai berusaha menghilangkan keimanan umat Tuhan, bagaimana tidak yang seharusnya bisa beribadah setiap minggu dan melakukan persekutuan disela hari minggu berhenti total karena menghindar dari wabah ini. Dan semua umat melakukan hal yang sama. Adapun hal lain dilakukan adalah dengan berbadah jarak jauh (streaming) kita tetap tetap di rumah, salah satu upaya mendukung pemerintah unutk menjaga jarak fisik.

IMG-20200323-WA0023

Suatu pepatah kebanggaan yang selama ini “bersatu kita teguh bercerai kita runtuh” malah tidak berlaku terhadap sicorona ini, dia bisa memutar balikkan sehingga semua orang harus menjaga jarak dan menjadi rumor “bersatu kita runtuh bercerai kita kuat”, dan kejadian ini membuat kita melepas/menjauh dari segala kumpulan yang selama ini telah dibina, dan salah satu usaha kita untuk menjaga komunitas ini adalah dengan berhubungan melalui media sosial, kebayangkan bagaimana hebatnya si corona ini.

IMG-20200324-WA0048

Dan bahkan pemerintah telah menghimbau dan meminta agar semua rakyat inonesia khususnya zona merah (daerah terjangkit si corona) harus berdiam diri di rumah (lockdown) tidak perlu keluar rumah, jika memang tidak emergency, dan harus selalu menjada kebersihan terutama setiap bersentuhan benda asing yang tidak ketahuan. bahkan jika kita tidak sadar termasuk uang yang selama ini kita banggakan harus di verifikasi, karena tidak tahu siapa saja yang telah memegang dan ini malah menjadi media terbesar untuk menyebarkan si corona bahkan di luar negeri uang ini menjadi penyebar terbesar, dan salah satu cara adalah setiap uang kembalikan minimalisaiskan untuk memegang dan jika terpaksa, ada kesempatan di jemur dibawah terika matahari, begitu juga diri kita jika memang harus keluar rumah, harus berganti pakaian dan jika perlu mandi sebelum bertemu keluarga di rumah, kasihan kalau kita jadi pembawa/carrier si corona ini.

Yang menjadi masalah adalah bahwa kita sendiri tidak mengetahui apakah sudah terjangkit atau belum, karena mulai dari terjangkit paling lama 14 sicorona ini sudah bisa menularkan kepada orang lain dan bahkan yang terjangkit tidak merasa menularkan atau tertular dan sebenarnaua penularannya adalah padaa sat kita tersentuh dengan orang tertular dan tanpa sadar menyentuh mata, hidung dan mulut maka dia bekerja. itulah sebabnya WHO meminta lockdown dilakukan dengan sehingga tidak ada orang dikeramaian menyebabkan jarak kurang dari 1 meter. karena dengan jarak kurang 1 meter maka akan mudah terinpeksi oleh orang yang tertular dengan loncatan liur pada saat berbicara walaupun tidak bersentuhan.

IMG-20200320-WA0024

Sicorona ini juga membuat semua orang yang biasanya travelling atau tugas keluar daerah dengan darat atau udara harus di berhentikan, jika perlu kegiatan usaha di tutup sementara. inilah konwekensi mampirnya si corona ke indonesia, bahkan membuat warga menjadi dalam ketakutan karena kwatir tidak akan mendapat bahan pangan alhasil terjadi pemborongan disuatu tempat yang membuat saudara kita yang memang begitu perlu menjadi tidak kebagian, dan begitu dalam mempertahankan pencegahan berupa masker, sanityzer begitu mahal harganya bahkan terkadang tidak ada barangnya walau kita ada uang. Kondisi seperti ini tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

IMG-20200321-WA0029

Saya berfikir apakah ini salah satu tegoran dari Tuhan kepada kita umatNya? atau memang ada hal lain dari rencana Tuhan?, kita hanya bisa berserah dan selalu berusaha menghindar dari terinfeksi atau mengingfeksikan si corona ini, karena pemerintah juga tidak tinggal diam, selalu mencari cara seperti lockdown untuk sekolah menjadi belajar oln-line khsusu jakarta dan bekasi (16-28Mar’2020) bahkan diperpanjang seminggu kemudian, dan bahkan beberapa perusahaan telah melakuan kerja dari rumah untuk menghingdari dari kerumanan/bersentuhan dengan teman kolega yang tidak kita ketahui dari mana mereka. Si corona ini sudah menysuaiakan diri dengan aman now kata orng sekarang, karena dia akan suka di tepat yang sejuk seperti ac, dan yang remang-remang apalagi sampai sirkulasi udaranya tiak ada.

Sehingga mengingat kesukaan sicorona ini, maka sudah selayaknya kita berperilaku sama seperti zaman bahola yiaut selalu membuat sirkulai di rumah dengan membuka pintu dan jendela jika memungkina sinar matahari bisa masuk dan kita juga kalau bisa menjaga suhu tubuh dengan hangat baik dengan berjemur dan menjaga kebersihan terutama makan setiap selelsai melakukan pekerjaan tangan…. atau memegang media yang umum atau sering bersentuhan seperti handle pintu, railing tangga dll.

 

Bagaimana berkembangnya dan terjangkit dan sifat si corona adalah berikut :

Melansir dari The Atlantic, sebuah studi mengungkapkan bahwa pada dasarnya virus corona pada individu mudah dihancurkan

Setiap partikel virus terdiri dari satu set gen kecil, dikelilingi oleh bola molekul lemak.

Sementara, cangkang lipid mudah terkoyak oleh sabun, maka pencucian tangan selama 20 detik yang menyeluruh dapat menghilangkan vriusnya.

Selain itu, cangkang lipid juga rentan terhadap unsur-unsur tertentu.

Sebuah studi baru juga menunjukkan, corona virus SARS-CoV-2 bertahan tidak lebih dari satu hari di atas kertas karton dan sekitar dua hingga tiga hari pada baja dan plastik.

Struktur SARS-CoV-2 memberikan beberapa petunjuk tentang cara virus tersebut dapat menginfeksi manusia. Pada dasarnya, bentuknya adalah bola runcing.

Virus ini dapat dikenali dari paku yang menempel pada protein yang disebut ACE2, yang ditemukan di permukaan sel. Inilah langkah awal menuju infeksi.

Kontur yang tepat dari bentuk SARS-CoV-2 memungkinkannya untuk menempel jauh lebih kuat ke ACE2 daripada yang dilakukan corona virus yang menyebabkan SARS.

“Kemungkinan ini sangat penting untuk penularan dari orang ke orang,” ujar Angela Rasmussen dari Columbia University.

Secara umum, semakin kuat ikatan, maka semakin sedikit virus yang diperlukan untuk memulai infeksi.

Informasi per 25 Mar 2020 akibat sicorona

Peta penyebaran corona di jakarta, Banten, Jawa Barat , Jawa Tengah dan Jogyakarta

Peta penyebaran sicorona di duniaIMG-20200319-WA0031

Demikian coretan saya ini, semoga Tuhan memberkati  kita semua..Amin

kumpulan dari beberapa photo dan sumber

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s