Tidak terasa waktu 4 tahun

Tahun ini sudah mulai menentukan kembali penatua (sebelumnya adalah Majelis Jemaat) yang berikutnya, karena periode sekarang akan selesai Mar 2021.
Tentu butuh waktu dan energi dalam persiapan dan pelaksanaan pemilihan ini. khususnya data seperti yang kita sadari adalah sangat susah membuat data valid, karena tingginya activitas jemaat.
Adapun metode pemilihan saat ini adalah berbedas dengan sebelumnya mengingat kondisi pandemic, sehingga diminimalisasikan sentuhan langsung antar jemaat yaitu dengna cara online dan manual jika tidak bisa.
Secara keseluruhan maka dalam tahap perta 80% adalah online, sehingga sangat mudah untuk memonitor dan menghitung karena bisa langsung download dari server.
Dan melihat kebutuhan yang diperlukan dalam structure pelayanan ditambahkan jumlah penatua dengan harapan pelayanan bisa lebih baik.
Sesuai dengan kebiasaan yang dilaksanakan, perlu diadakan dua kali pemilihan, pertama dari wilayah yang di usung menjadi calon Penatua kemudian dipilih oleh semua jemaat yang menjadi penatua tentunya.
Ternyata perwakilan dari wlayah itu dipilih, ada saja jemaat di wilayah yang tidak bersedia dengan alasan pridadi atau keuarga, ini terlihat dengan jumlah calon penatua berdasarkan rank ternyata ada yang tidak menerima/menolak dengan alasan tadi.

Secara jujur saya sudah hendak mundur juga, mengingat kondisi saya yang kuwatir akan menjadi sandungan karena kondisi, tapi karena Tuhan telah memberi kehidupan dan keselamatan sudah kewajiban dan tanggung jawab saya melayani diladang Tuhan, seperti pujian “Hidup ini adalah kesempatan” selagi diberi kesempatan maka saya akan melayani, bagaimanapun kondisi saya. šŸ™‚ Saya hanya mohon agar diberi kekuatan dalam pelayanan ini sehingga bisa saya jalankan seturut dengan kehendak Tuhan Yesus yang telah menyelamatkan. dan juga seperti lagu Kuutus Kau


Berikut dalah nama-nama dari masing-masing wilayah yang telah diwakilkan berdasarkan rank dan rank dibawah akan naik karena tidak bersedia dengan jumlah n+1 (kecuali wilayah 1 yang terbatas jemaatnya : artinya automatis jadi penatua

Semoga dalam pemilihan tahap kedua (31 Jan 2021) ini berjalan dengan baik dan setelah diwartakan jika ada jemaat keberatan kemudian pembinaan dan siap diteguhkan pada 21 Mar 2021.

Sebelum diadakan pemilihan menjadi Penatua, maka diberikan pembinaan 2 sesi 5 dan 12 Dec, agar bisa lebih siap jika terpilih menjadi Penatua.

Pembinaan sesi ke-1 dengan Tema : “DINAMIKA PELAYANAN DALAM PANGGILAN”

Dinamika pelayanan dalam panggilan adalah :

  1. Relasi antar Pelayan (termasuk keterbatasan)
  2. Ego, Harga diri
  3. Karakter dan sifat individupelayan
  4. Kemampuan masing0masing
  5. Tegangan antara urusan rumah dan gereja
  6. dll

Apa itu Panggilan?

  • Panggilan, berasa dari ‘vocation’
  • Arti umum: Perasaan yang kuat untuk melakukan sesuatu
  • Arti Khusus dalam Spritualitas: perasaan yang kuat untuk ikut serta dalam karya Allah bagi pelayanan di dunia.
  • Dengan demikian ‘SPritualitas panggilan’ adalah perasaan yang kuat untuk iktu serta dalam karya Allah bagi pelayanan di dunia, dengan keyakinan ada karya Roh Kudus yang menyertai.

Sprtualitas berkaitan dengan 3hal :

  1. Spritualitas adalah kemampuan dasar yang kuat di dalam diri manusia, untuk lebih baik dibandingkan sebelumnya. Ungkapan bahwa ‘anak’ harus lebih baik dibandingkan orang tuana, memmotret kemampuan dasar ini.
  2. Spritualitas berkaitan dngan sesuatu yang ;lebih tinggi’ dan ‘lebih bermakna’ dibandingkan dirinya, juga berbagai hal lairiah lainnya. contoh: berhadapan dengan lautan luas yang membiru dan huta yang menghijau, perasaan seseorang berdesir penuh kekaguman.
  3. Spritualitas adalah realitas yang hidup dalam diri seseorang sehari-hari. Ini yang penting . Karena dengan pemahaman ini spritualitas diakitkan dengan praktek sehari-hari kehidupan seseorang. kekuatan, ketegangan dan daya tahan menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi tergantng dari makna, visi, nilai yang dihidupi seseorang.

Bagaimana memelihara “kemurnian” panggilan “pelayanan”

Aksi : mengajar sekolah minggu, memandu pujian, bermain musik, majelis bertugas minggu dsb.

Refleksi: Mengambil jarak dari tugas-tugas itu dan mempertanyakan motivasi dan kuwa litas karyanya, menghadirkan Yesus sebagai yang dilayani; apa hubungannya dengan Kristus yang mencintai dan menebus.

Ciri Pelayanan Yesus:

  1. Membebaskan
  2. Rendah hati
  3. Tuntas

Belajar dari Yesus: Spritualitas panggilan sebagaih hamba :

  • Yesus menyadari bahwa karya yang dilakukanNya adalah untuk menjalankan kehendak Bapa. Untuk itu Yesus mewarakan Bapa dan kerajanNya buka pertama kasih mewartakan diriNya sendiri.
  • Untuk itu bukan kehormatan dan kemuliaan yang ia cari.
  • “….saya menyakksikan mereka (orang yang dilayani) tumbuh, Itu menyenangkan. Sedangkan bagi saya sendiri, saya merasakan kegembiraan karena tidak memiliki apa-apa..”(Ibu Teresa)

Pembinaan sesi ke-2

Apabila seseorang dipanggil menjadi penyapu jalan, sebaiknya ia menyapu jalan seperti halnya, Michael Angelo melukis, atau Beethoven menciptakan musik, atau Shakerspeare menulis puisi. Ia harus menyapu jalan sedemikian baiknya sehingga seluruh penghuni seorga dan bumi akan berhenti dan berucap “disilah tnggal seorang penyapu jalan hebat yang melakukan perkerjaan denga baik”

(Martin Luther King)

Pelayanan yang mistik

Hidup bertemplatif : Mengalami “kairos” bukan hanya “kronos”

Vision tanpa covation tidak akan pernah terwujud dengan baik . Pelayan yang mistik adalah pelayan yang mmbangun kehidupan kominotas

  • The fruit of silence is prayer
  • The fruit of prayer is faith
  • The fruit of faith is love
  • The fruit of love is service
  • The fruit of service is peace

(Mother Teresa)

Keheninga” Sebuah ‘udangan untuk mendengar’ hingga menukik ke kedalaman hati, menjangkau dibalik visual atau audebel.

Keheningan: Fondasi kehidupan spritual seseorang bagi Tuhan dan sesama, sebagai bukti (devosi) maupun pelayanan.

“Hidup yang tik direfleksikan adalah hidup yang tidak patut dijalani”

Puji Tuhan setelah didadakn pemilihan yang ke-dua 21 Feb 2021, maka berikut hasilnya, walau mungkin ada yang tidak bisa terima walau ini adalah pilihan dari semua jemaat yang tadinya perwilayah

Demikian coretan saya ini sekedar catatan untuk yang datang.
Terima kasih telah mampir

Tuhan memberkati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s